Bab
2
1. Sebutkan kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lain?
1. Sebutkan kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lain?
Jawab :
a. Manusia sebagai
makhluk berpikir yang bijaksana
b. Pada manusia terjadi
pengambila dan pengguanaan makanan / pertukaran zat
c. Manusia mampu memberi
tanggapan / reaksi terhadap rangsangan
d. Manusia memiliki
potensi untuk berkembangbiak
e. Tumbuh dan bergerak
serta mempunyai daur hidup
f. Berinteraksi dengan
lingkungan, artinya manusia sebagai pembuat alat, manusia dapat berbicara,
manusia dapat bermasyarakat dan berbudaya, serta manusia mengadakan usaha.
g. Bila tiba saatnya
manusia akan mati .
2.
Apa perbedaan rasa ingin tahu pada manusia dan pada binatang?
Jawab : pada binatang, beberapa sudah mempunyai otak, sehingga mempunyai daya pikir namun terbatas pada instink(naluri) dan upaya untuk mempertahankan diri serta turunanya. Instink tersebut terutama ditujukkan untuk kelangsungan hidupnya, seperti memperoleh makanan, perlidungan diri, perkembangbiakan . aktivitas tersebut ternyata tidak berubah dari masa ke masa dan dinyatakan sebagai rasa keingintahuan yang tidak berkembang. Sedangkan pada manusia selain mempunyai naluri juga mempunyai daya daya nalar dan nurani. Dengan daya nalar, manusia menggunakan kemampuan otaknya utuk melakukan penalaran, pemikiran logis, dan anlisis. Berlandaskan kemampuan tersebut maka pengetahuan yang diperoleh saat ini merupakan dasar dari munculnya rasa ingin tahu tentang lainnya, sehingga rasa ingin tahu manusia tersebut selalu berkembang. Dengan nurani manusia ingin selalu berbuat baik untuk dirinya dan lingkungannya.
Jawab : pada binatang, beberapa sudah mempunyai otak, sehingga mempunyai daya pikir namun terbatas pada instink(naluri) dan upaya untuk mempertahankan diri serta turunanya. Instink tersebut terutama ditujukkan untuk kelangsungan hidupnya, seperti memperoleh makanan, perlidungan diri, perkembangbiakan . aktivitas tersebut ternyata tidak berubah dari masa ke masa dan dinyatakan sebagai rasa keingintahuan yang tidak berkembang. Sedangkan pada manusia selain mempunyai naluri juga mempunyai daya daya nalar dan nurani. Dengan daya nalar, manusia menggunakan kemampuan otaknya utuk melakukan penalaran, pemikiran logis, dan anlisis. Berlandaskan kemampuan tersebut maka pengetahuan yang diperoleh saat ini merupakan dasar dari munculnya rasa ingin tahu tentang lainnya, sehingga rasa ingin tahu manusia tersebut selalu berkembang. Dengan nurani manusia ingin selalu berbuat baik untuk dirinya dan lingkungannya.
3.
Perkembangan rasa ingin tahu pada manusia meningkat menuju
kepermasalahan apa, bagaimana, dan mengapa. Buatlah daftar pertanyaan yang
didahului dengan apa, bagaimana, mengapa tentang fakta gerhana bulan?
Jawab :
Jawab :
a.
apa yang dimaksud dengan gerhana bulan?
b.
bagaimana terjadinya gerhana bulan?
c.
mengapa gerhana bulan bisa terjadi?
4.
Manusia untuk mendapatkan pengetahuan, kadangkala tanpa melalui
penalaran. Sebutkan cara-cara yang ditempuh dan berikan contohnya!
Jawab :
Jawab :
a.
Otoritas dan tradisi, contohya :sampai aad
pertengahan manusia menganggap bumi adalah pusat tatasurya sehingga saat
seorang pakar ilmu menyatakan bumi bukan pusat tatasurya maka
penguasa pada saat iu menolak dan pakar tersebut dianggap kemasukan setan.
b.
Prasangka, contoh dugaan benar atau salah.
c.
Intuisi, contoh ramalan astrologi yang dapat
meramal nasib seseorang
d.
Penemuan kebetulan, contoh penemuan obat kina sebagai obat
malaria, penemuan newton tentang hukum gaya.
e.
Cara coba-ralat, contoh anak kecil yang berusaha megetahui cara
keja mainan dengan membongkar mainan tersebut sampai rasa ingin tahunya
terpuaskan, setelah menemukan jawabanya maka ia akan merakitnya kembali
ketempat semula jika tidak berhasil dirakit maka akan dicoba lagi dan lagi.
5.
Setiap daerah mempunyai mitos yang masih dipercayai. Berikan
contoh mitos yang ada di daerahmu . apakah mitos tersebut logis? Jelaskan fakta
yang sesungguhnya?
Jawab : contoh, gerhana bulan yang terjadi dianggap karena bulan dimakan raksasa yang menurut mitos takut pada bunyi-bunyian sehingga pada waktu gerhana bulan, mausia memukul benda apa saja yang dapat meimbulka bunyi agar raksasa memuntahkan kembali bulan purnama. Menurut saya mitos itu tidak logis, fakta yang sesungguhnya ketika ada gerhana bulan dan tidak membunyikan apapun tetap membuat bulan nantinya akan kembali mejadi bulan purnama setelah menunggu beberapa saat. Hal itu disebabkan posisi bulan yang berada pada posisi segaris dengan matahari dan bumi jika ditinjau dari segi ilmu astronomi.
Jawab : contoh, gerhana bulan yang terjadi dianggap karena bulan dimakan raksasa yang menurut mitos takut pada bunyi-bunyian sehingga pada waktu gerhana bulan, mausia memukul benda apa saja yang dapat meimbulka bunyi agar raksasa memuntahkan kembali bulan purnama. Menurut saya mitos itu tidak logis, fakta yang sesungguhnya ketika ada gerhana bulan dan tidak membunyikan apapun tetap membuat bulan nantinya akan kembali mejadi bulan purnama setelah menunggu beberapa saat. Hal itu disebabkan posisi bulan yang berada pada posisi segaris dengan matahari dan bumi jika ditinjau dari segi ilmu astronomi.
6.
Kota “A” setiap kali hujan deras selalu banjir
Suatu hari kota “A” banjir
Apakah kita bisa menyimpulkan bahwa pada hari itu kota “A” sedang hujan deras?Mengapa?
Jawab : iya karena Kota “A” banjir setiap kali hujan deras, simpulan tersebut diambil benar hanya bila kedua premis yang digunakan benar dan cara menarik kesimpulanya benar.
Suatu hari kota “A” banjir
Apakah kita bisa menyimpulkan bahwa pada hari itu kota “A” sedang hujan deras?Mengapa?
Jawab : iya karena Kota “A” banjir setiap kali hujan deras, simpulan tersebut diambil benar hanya bila kedua premis yang digunakan benar dan cara menarik kesimpulanya benar.
7.
Jelaskan urutan perkembangan fisik manusia?
Jawab : dimula dari masa dirahim ibu, masa setelah dilahirkan sampai masa dewasa. Perubahan dimulai dari bentuk sel yang sangat sederhana pada saat pembuahan sel telur induk oleh sel telur pejantan dirahim induk dan menghasilkan embrio yang nantinya mengalami pembelahan sel hingga terbentuk janin serta transformasi bentuk tubuh .setelah itu masa kelahiran berupa bayi yang masih belum memiliki kemampuan beraktivitas .lalu berlanjut ketahap masa pertumbuhan dimana masa pertumbuhan manusia cukup cepat pada masa kanak-kanak sampai remaja kemudian sangat lambat.perubahan fisik yang sangat nyata terjadi pada masa pubertas , pada wanita ditandai pinggul membesar , pinggang meramping, terbentuknya payudara serta datangnya siklus haid, sementara pada laki-laki ditandai dengan suara yang berat dan mimpi basah. terakhir menjadi manusia dewasa yang nantinya akan semakin melemah atau menjadi tua karena bertambahnya umur .
Jawab : dimula dari masa dirahim ibu, masa setelah dilahirkan sampai masa dewasa. Perubahan dimulai dari bentuk sel yang sangat sederhana pada saat pembuahan sel telur induk oleh sel telur pejantan dirahim induk dan menghasilkan embrio yang nantinya mengalami pembelahan sel hingga terbentuk janin serta transformasi bentuk tubuh .setelah itu masa kelahiran berupa bayi yang masih belum memiliki kemampuan beraktivitas .lalu berlanjut ketahap masa pertumbuhan dimana masa pertumbuhan manusia cukup cepat pada masa kanak-kanak sampai remaja kemudian sangat lambat.perubahan fisik yang sangat nyata terjadi pada masa pubertas , pada wanita ditandai pinggul membesar , pinggang meramping, terbentuknya payudara serta datangnya siklus haid, sementara pada laki-laki ditandai dengan suara yang berat dan mimpi basah. terakhir menjadi manusia dewasa yang nantinya akan semakin melemah atau menjadi tua karena bertambahnya umur .
8.
Jelaskan urutan perkembagan kecerdasan manusia ?
Jawab :
Jawab :
a. Masa bayi(0-2 tahun),
merupakan periode sensomotorik dimana perkembangan kecerdasan bayi sangat
cepat.
b. Masa kanak-kanak(3-5
tahun),merupakan periode praoperasional, dimana dorongan keigintahuannya sangat
besar, sering disebut masa bertanya.
c. Masa usia sekolah(6-12
tahun), merupakan periode operasional nyata, dimana anak sangat aktiv ditandai
dengan perkembangan fisik dan motorik yang baik, psikolog
menyebutnya sebagai masa tenang.pengetahuan yang diperoleh dengan induksi(pengamatan),
walaupun sudah mulai menggunakan penalaran logika.
d. Masa remaja(13-20
tahun), merupakan periode operasional formal, masa pertetangan baik dengan
dirinnya sendiri ataupun orang dewasa, perolehan pengetahuan dilakukan dengan
deduksi dan mampu menggunakan nalar serta berhipotesis.
e. Masa dewasa(>20
tahun),ditandai dengan kemampuan untuk berdiri sendiri. Mampu mengendalikan
perilakunya dengan baik, menempatkan dirinya sebagai anggota dalam kelompok
serta merupaka individu yang bertanggung jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar